Berbagai Jenis Pemeriksaan Mata

Dokter mata dan juga dokter mata melakukan serangkaian tes untuk memeriksa mata Anda. Tes ini terdiri dari tes sederhana seperti membaca grafik mata hingga tes yang lebih sulit untuk memeriksa struktur kecil bagian dalam mata Anda.

Pemeriksaan mata yang komprehensif mungkin memakan waktu sekitar satu jam, meskipun itu tergantung pada kompetensi dokter dan seluk-beluk tes yang dilakukan untuk mendapatkan penilaian yang akurat tentang mengenali dan mengatasi katarak penglihatan Anda dan kesehatan mata.

Pemeriksaan mata reguler dan inklusif umumnya terdiri dari tes-tes berikut:

Tes Ketajaman Visual

Ini adalah salah satu tes paling sederhana yang dilakukan untuk menilai seberapa tajam penglihatan Anda. Biasanya, grafik mata digunakan untuk mengevaluasi kemampuan Anda membaca dari kejauhan (ketajaman visual) diikuti dengan berpegangan tangan dan membaca grafik ketajaman kecil untuk menilai penglihatan dekat.

Tes Buta Warna

Ini juga tes sederhana yang dilakukan untuk memastikan mata Anda tidak terpengaruh oleh buta warna. Selain mengidentifikasi kekurangan penglihatan berwarna, tes ini juga membantu dokter untuk mengetahui kemungkinan masalah kesehatan yang mempengaruhi penglihatan Anda.

Uji Sampul

Meskipun dokter memiliki banyak cara untuk memeriksa apakah mata Anda bekerja bersamaan, ini adalah tes yang paling umum untuk tujuan tersebut. Untuk melakukan tes ini, Anda diminta untuk fokus pada objek kecil pada jarak tertentu, sementara dokter menutupi setiap mata satu demi satu saat Anda terus menatap objek yang ditentukan.

Selama proses tersebut, dokter menilai jika mata yang tidak tertutup pasti bergerak untuk menemukan objek yang ditargetkan. Ini bisa menjadi tanda strabismus atau sedikit masalah penglihatan binokular, yang dapat menyebabkan ketegangan mata atau “mata malas.”

Retinoskopi

Tes ini juga dilakukan pada tahap awal pemeriksaan mata untuk memperkirakan resep kacamata untuk Anda. Untuk melakukan pengujian ini, lampu di dalam ruangan diredupkan. Kemudian, Anda biasanya diminta untuk tetap fokus pada “E” besar pada grafik. Saat Anda terus menatap “E” itu, dokter akan melemparkan seberkas cahaya ke mata Anda sambil membalik lensa dalam mekanisme menghadap mata Anda. Bergantung pada bagaimana mata Anda memantulkan kembali berkas cahaya itu, dokter dapat memperkirakan resep kacamata untuk Anda.

Pembiasan

Dokter menggunakan tes ini untuk memperbaiki resep kacamata. Phoropter diposisikan di depan mata Anda dan dokter memungkinkan Anda melihat lensa secara berurutan. Dia akan menanyakan Anda dua lensa mana yang memberikan gambaran lebih jelas. Dia terus menyempurnakan lensa sampai resep kacamata yang akurat terwujud.

Dokter juga dapat menilai resep Anda menggunakan mesin otomatis seperti aberrometer atau autorefractor.

Pemeriksaan Lampu Skit

Slit lamp, juga dikenal sebagai biomicroscope, adalah instrumen yang memungkinkan dokter melihat pandangan mata yang sangat besar untuk menilai kesehatannya dan memeriksa apakah terinfeksi. Alat yang digunakan untuk memeriksa struktur wajah mata, seperti konjungtiva, iris dan kornea serta interiornya, seperti makula, saraf optik, dan retina.

Tes Glaukoma

Ada banyak variasi tes ini, yang digunakan untuk mengukur tekanan di dalam mata. Glaukoma, yang disebabkan oleh tekanan tinggi pada mata, dapat menyebabkan hilangnya penglihatan. Karena penyakit ini umumnya tidak menunjukkan gejala apa pun, tes ini sangat penting dilakukan. Diagnosis dini glaukoma dapat mencegah hilangnya penglihatan.

Pelebaran pupil

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang struktur internal mata Anda, dokter melebarkan pupil Anda, menggunakan larutan. Dibutuhkan dua puluh hingga tiga puluh menit agar mata melebar saat dokter memeriksa klinik mata bekasi mata melalui instrumen yang berbeda. Karena pupil membesar sebagai hasil dari tes ini, Anda mungkin kesulitan untuk fokus pada objek yang lebih dekat. Efeknya bersifat sementara dan penggunaan kacamata hitam disarankan setelah menjalani tes ini.

Leave a Comment